Deskripsi
Materi buku ajar ini menekankan pada pengungkapan konsep teori penyusunan strategi bisnis, implementasi dan pengawasannya untuk tindakan antisipasi perusahaan dalam menghadapi lingkungannya secara terus menerus. Karena ada dua aspek penting penyelenggaraan suatu usaha, yaitu fungsi bisnis dan fungsi manajemen yang keduanya harus dijalankan bersamaan. Bagaimana agar suatu usaha bisnis tidak hanya sekedar bertahan hidup, melainkan dirinya mampu bertahan tumbuh semakin maju dan berkembang tanpa mengalami masa penurunan yang berarti secara berkesinanbungan. Hal. ini ternyata bisa dipalajari oleh semua CEO perusahaan secara bersama-sama SDM yang ada, terintegrasi, berkelanjutan dalam rangka menempatkan kegiatan bisnis untuk kesejahteraan stakeholder.
Manajemen strategi adalah suatu rencana jangka panjang yang didasarkan pada analisis dan diagnosa lingkungan internal dan eksternal yang selanjutnya memformulasikan hasil analisis tersebut menjadi sebuah keutusan strategis yang merupakan sarana untuk mencapai tujuan akhir. Secara umum,ada tiga tahapan dalam proses manajemen strategi yang meliputi formulasi/perencanaan/perumasan. Implementasi/pelaksanaan. dan evaluasi/pengendalian strategi. Dalam proses formulasi strategi, perusahaan merumuskan visi, misi dan tujuan perusahaan terlebih dahulu. Kemudian menganalisis lingkungan eksternal (lingkungan jauh, industri, operasi dan global) serta lingkungan internal (SDM, keuangan, R&D, produksi/operasi dan pemasaran). Setelah itu, perusahaan akan menentukan alternatif strategi pada berbagai tingkat (korporasi, bisnis, dan fungsional). Selanjutnya adalah proses implementasi strategi yang terdiri dari sejumalah program dan aktivitas yang melibatkan SDM dan didukung oleh kebijakan serta anggaran perusahaan yang layak. Terdapat tiga elemen mendasar perusahaan yang dapat dilakukan untuk menganalisis perubahan dalam proses impelemtasi strategi yaitu struktur oraganisasi, ke[pemimpinan dalam organisasi dan budaya yang dianut oleh organisasi. Proses yang terakhir yaitu melakukan evaluasi strategi. Kinerja perusahaan merupakan faktor yang umum digunakan untuk mengukur dampak dari strategi yang diterapkan oleh eprusahaan. Pengukuran kinerja secara umum terdiri atas kinerja keuangan dan non-keuangan. Pengukuran kinerja perusahaan juga dapat dilakukan di lingkungan internal dan eksternal perusahaan. Disamping itu, penting bagi perusahaan untuk memahami inovasi untuk meningkatkan kinerja perusahaan.
Penerbit
Lembaga Mandala Press
Pengarang
Nungky Viana Feranita ; editor, Suwignyo Widagdo
Tahun
2020
Warna
Grey
ISBN
978-623-91034-3-9
press@stie-mandala.ac.id
Reviews
There are no reviews yet.